Sejarah Ghoul

Kaneki Ken di Tokyo Ghoul.

Readers apa kabar kalian ? baik baik saja kan ? Nah kali ini kita akan membahas tentang ghoul nih. Nah, pasti kalian sudah sering mendengar kata Ghoul ini. Ghoul menjadi terkenal semenjak dirilisnya Anime Tokyo Ghoul pada tahun 2014. Dan bulan April nanti juga akan keluar season terbarunya Tokyo Ghoul, yaitu Tokyo Ghoul : re. Nah, apa kalian tahu sejarah Ghoul ini seperti apa ? mari kita bahas, Cekidot...
Ghoul dari legenda Arab kuno.

Ghoul konon adalah makhluk legenda dari bangsa Arab kuno bernama Ghul yang dapat diartikan secara harfiah “Setan”, atau Ghala “Merebut”. Mereka golongan kanibal dan memangsa manusia, mencuri anak-anak kecil untuk dimakan hidup-hidup, serta menyerang siapa saja yang tengah lengah. Bertempat di makam atau kuburan, Ghoul juga sering disamakan dengan Mayat Hidup atau Zombie. Dikatakan pula bahwa Ghoul menghuni padang pasir yang luas, menyamar sebagai binatang atau yang lain, mencuri koin, merusak persediaan makanan, membunuh unta, dan sering kali menerjang para musafir yang lewat pada gurun tersebut.


Sastra tertua menyebutkan bahwa ghoul seperti Seribu Satu Malam. Istilah ini pertama kali dibuktikan dalam bahasa inggris pada 1786, dalam novel Vathek William Beckford Orientalist, yang menjelaskan ghūl dari cerita rakyat Arab. Dalam perpanjangan, kata Ghoul juga digunakan derogatorily untuk merujuk kepada orang yang berkenan mengerikan, atau orang yang profesinya terhubung langsung dengan kematian, seperti seorang penggali kubur. Tak disangka, ternyata Tokyo Ghoul mempunyai asal mula cerita yang panjang. Entah terinspirasi dari cerita yang mana, tapi hal yang perlu diketahui bahwa kadang ide pokok alur cerita anime diambil dari legenda atau sejarah peradaban kuno.

Nah sekarang sudah tau kan sejarah Ghoul ? sekian dulu ya minna-san :D

Komentar